Pengen Jadi Pilot? Berikut Rekomendasi Sekolah Pilot Buat Adik Adik

Sekolah pilot terbaik

Sekolah Pilot Di Indonesia

Sekolah pilot atau sekolah penerbang merupakan suatu tempat seorang calon pilot memperoleh pelajaran bagaimana cara dan teknik yang harus dikuasai dalam mengemudi pesawat terbang. Syarat umum masuk sekolah pilot di Infonesia yaitu umur minimal 17 tahun, lulus SMA, tinggi badan minimal 160 cm, lulus tes kesehatan, memiliki skor TOEIC 400, lulus tes aptitute, akademik, dan psikotest.

Di Indonesia, banyak sekolah pilot yang sudah maju dan berkembang. Biasanya sekolah pilot tersebut terletak di kota-kota besar. Beberapa sekolah pilot di Indonesia diantaranya yaitu Bali Intenational Flight Academy, Eagle Air Academy, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Nusa Flight Internasional, Aero Flyer Institute, Bandung Pilot Academy, Proflight Pilot School, Alfa Flying School, Dirgantara Pilot School, Deraya Flying School, dan Flybest Flight Academy.

Sekolah Pilot Murah

Biaya yang dibutuhkan selama sekolah pilot pastilah tidak sedikit. Selain tergantung nama sekolahnya, untuk mendapatkan sekolah pilot murah juga tergantung pada lisensi yang diambil, serta fasilitas sekolah seperti jumlah pesawat latih dan bandara. Lisensi yang ditawarkan yaitu PPL, CPR, IR, MR, dan ATPL Frozen. Sedangkan jam terbang yang ditawarkan yaitu 160, 180, dan 200 jam.

Biaya keseluruhan yang dibutuhkan untuk sekolah pilot cukup mahal yaitu sekitar 900 juta meliputi biaya pengoperasian pesawat, biaya kelas, ujian, lisensi, dan biaya tambahan. Untuk biaya pengoperasian sebuah pesawat latih membutuhkan 200 jam terbang, dengan harga 250 USD per jam atau setara dengan 1,8-2,3 juta rupiah. Jadi, jika hanya ingin mengambil 180 jam terbang dibutuhkan sekitar 32,4-41,4 juta. Namun biasanya juga terdapat paket ujian seperti CPL.

Sekolah Pilot Curug

Salah satu sekolah pilot di Indonesia yang dikelola oleh pmerintah yaitu Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug (STPI Curug) atau biasa disebut sekolah pilot curug. Awalnya, STPI didirikan di Jakarta, daerah Gempol Kemayoran tahin 1952. Semula, nama sekolah pilot ini yaitu Akademi Penerbangan Indonesia (API), kemudian berubah nama menjadi LPPU, PLP, dan sekarang menjadi STPI. Tahun 1954, STPI dipindah dari Jakarte ke Curug, Legok, Kabupaten Tangerang.

Sekolah pilot curug menawarkan 4 jurusan diantaranya yaitu teknik, keselamatan, dan menejemen penerbangan. Proses seleksi di sekolah pilot curug tebilang ketat, karena hanya meluluskan 20 siswa yang benar-benar baik dan berkualitas. Tahapan seleksi di STPI yaitu meliputi seleksi akademis, kesehatan, psikotes, dan wawancara.

BIFA

BIFA atau singkatan dari Bali International Flight Academy, yang belokasi di kawasan Air Strip Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali. BIFA merupakan sekolah pilot di Indonesia yang dikelolah oleh orang luar negeri, bahkan sekolah pilot ini sudah berstandar Internasional. BIFA juga merupakan sekolah pilot terbaik di Asia dan memiliki kerja sama dengan salah satu maskapai Indonesia yaitu Garuda Indonesia.

Banyak fasilitas berkualitas yang dimiliki oleh BIFA, yaitu 17 pesawat latih, Redbird MCX Flight Stimulator, Laboratorium, ruang kelas, perpustakaan penerbangan, dan fasilitas-fasilitas lainnya.  BIFA memiliki program PPL, CPL, IR dengan durasi 1,5 tahun dan  total 160 jam terbang. Sedangkan, program PPL, CPL, IR, dan MER dengan durasi 2 tahun. Biaya yang dibutuhkan untuk sekolah pilot di BIFA yaitu kurang lebih 670 juta belum termasuk biaya formulir dan lainnya.

Untuk biaya sekolahnya, adik adik bisa temukan disitus lengkapnya di sini https://is.gd/hrEgtt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *